Rakor Pelaporan Dana Kampanye, Pilkada Tabanan 2020

  • 23 Oktober 2020
  • 13:55 WITA
berita_202410031009_RakorPelaporanDanaKampanye,PilkadaTabanan2020.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka persiapan pelaksanaan tugas Kelompok Kerja (Pokja) fasilitasi dan pelayanan pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020, sesuai Surat Ketua Kelompok Kerja (Pokja), Nomor 1385/PL.02.5-SD/5102/KPU-kab/X/2020, tanggal 21 Oktober 2020.

Berkaitan dengan  itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Luh Made Sunadi,  Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Sutama, yang juga sebagai Pengarah dalam Pokja dan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina, melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Anggota Pokja serta  Liaison Officer (LO) dan Operator Sidakam Pasangan Calon  Bupati dan Wakil Bupati Tabanan 2020 dari masing-masing Paslon, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, Jumat, (23/10/2020).

Hadir pula Kasubbag Hukum dan Pengawasan yang juga merupakan Sekretaris Pokja, I Made Suartika serta Kasubbag Teknis dan Hupmas, I Made Rika Hendrawan. Anggota Kelompok Kerja yang hadir adalah dari internal maupun eksternal KPU Tabanan. Dari luar KPU Tabanan yang hadir diantaranya I Nyoman  Suarya, C,S.Sos.,M.Si. yang bertugas di Inspektorat Tabanan, sedangkan Dr. Dra. Gayatri, M.Si., Ak. CA. ACPA., dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), berhalangan hadir.

Acara dibuka I Wayan Sutama sekaligus memaparkan materi, dilanjutkan oleh Luh Made Sunadi, menjelaskan terkait pelaporan dana kampanye. “Mohon komunikasikan dengan baik, sehingga kendala yang ada terkait IT dapat terselesaikan. Saya yakin kedua LO dan Opretor Sidakam dari kedua Paslon sudah melaksanakan komunikasi dengan KPU Tabanan,” ucapnya. Ibu Sunadi juga menyampaikan terkait Kantor Akuntan Publik (KAP). “Penerimaan sumbangan dana kampanye tidak hanya dalam bentuk uang tapi bisa juga dalam bentuk barang,” imbuhnya.

Senada dengan yang disampaikan Sunadi, “Lebih awal disampaikan kendala-kendala yang dihadapi sehingga segala permasalahan yang ada dapat teratasi,” ucap Sutama. Dilanjutkan sesi tanya jawab. “Untuk mengingatkan kembali  kepada Paslon, baik Paslon Nomor Urut 1 dan 2, bahwa tanggal 31 Oktober 2020 pelaporan LPSDK baik secara ofline dan online dan kebetulan mulai tanggal 28 sd 1 November cuti bersama, tetapi Kita di KPU tidak mengenal tanggal merah dan hari libur . Tahapan tetap berjalan sehingga Paslon tidak terlambat menyampaikan laporan LPSDK oleh Operator Sidakam,” ungkap I Wayan Sutama ketika dimintai keterangan.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

Komentar