“Uji Coba Nasional, Penggunaan Sirekap di Tingkat TPS”

  • 24 Oktober 2020
  • 17:35 WITA
berita_202410061013_“UjiCobaNasional,PenggunaanSirekapdiTingkatTPS”.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melaksanakan kegiatan Uji Coba Penggunaan Sirekap di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilihan tahun 2020 dengan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak di seluruh Indonesia secara Daring, dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Plh. Ketua KPU, Nomor 669/PL.02.6-Und/06/KPU/X/2020, tanggal 22 Oktober 2020. Peserta yang diundang adalah Ketua dan Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten /Kota, Kabag dan Kasubag pada bagian HTH, serta Pelaksana Sub Bagian Teknis KPU Provinsi dan seluruh Kasubag dan Pelaksana Sub Bagian Teknis KPU Kabupaten/Kota.

Sehubungan dengan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, SE.,MM. beserta Anggota KPU Tabanan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Dra. Luh Made Sunadi, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Sutama, S.Sos.,MA., Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina, S.Pt. dan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Ni Putu Suaryani, ST., mengikuti kegiatan Uji Coba Penggunaan Sirekap di tingkat TPS dalam Pemilihan 2020, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, Pukul 11.00 Wita, Sabtu, (24/10/2020).

Selain itu, kegiatan ini dihadiri Kasubbag Teknis dan Hupmas, I Made Rika Hendrawan, SE., serta Staf Sekretariat yang ditunjuk untuk mengikuti Uji Coba penggunaan Sirekap. Tampak Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Hukum dan Pengawasan, Anak Agung Gede Raka Nakula, SH.MH., Divisi Teknis Penyelenggaraan, Luh Putu Sri Widyastini, ST. serta Pejabat dan Staf Sekretariat KPU Bali, mengikuti Online Zoom Meeting dari Kantor KPU Bali.

Uji Coba penggunaan Sirekap di TPS ini dibagi dalam lima gelombang. Provinsi Bali termasuk didalamnya KPU Tabanan mendapatkan kesempatan pada gelombang II. Uji Coba Sirekap ini diikuti oleh 341 Satker yang terdiri dari 32 KPU Provinsi ( 9 KPU Provinsi yang melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 23 KPU Provinsi yang Kabupaten/Kota di wilayahnya melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota) serta 309 Kabupaten/Kota (261 KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta sebanyak 48 KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur).

Tujuan kegiatan Uji Coba Nasional Penggunaan Sirekap di tingkat TPS yang dikutip dari materi Biro Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat adalah Untuk memberikan pemahaman kepada Peserta dalam penggunaan aplikasi Sirekap di tingkat TPS, mencoba kesiapan aplikasi yang akan digunakan serta menginventarisir masalah yang terjadi dalam penggunaan aplikasi dari berbagai kondisi daerah.

“Dengan Uji Coba Sirekap ini, Kita bisa mengetahui kendala apa saja yang terjadi saat Uji Coba. Sehingga pada saatnya nanti, aplikasi Sirekap sudah bisa diaplikasikan tanpa kendala,” ungkap Luh Made Sunadi, ketika dimintai keterangan.

Untuk diketahui, KPU Tabanan telah mengikuti kegiatan secara Online ini dari kemarin, tepatnya Jumat, 23 Oktober 2020 dan berakhir hari ini. Dari KPU Tabanan yang mengikuti Daring meeting kemarin adalah seluruh Komisioner KPU Tabanan, tampak pula Sekretaris KPU Tabanan, Kasubbag Teknis dan Hupmas serta Staf Sekretariat KPU Tabanan yang ditunjuk untuk mengikuti simulasi. Acara diulai pada pukul 15.00 Wita, diawali pengarahan umum dari Komisioner KPU RI. Selanjutnya penjelasan tata cara Uji Coba Penggunaan Sirekap di TPS dan penginstalan aplikasi dari Biro Teknis dan Hupmas.

Pada kesempatan itu, KPU RI menyampaikan bahwa Uji Coba ini supaya dilaksanakan dengan baik dan diharapkan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota mengikuti semua tahapan uji coba ini sampai selesai, sehingga nantinya dapat memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayahnya masing-masing. Terlihat hadir Plh. Ketua KPU RI, Ilham Saputra, S.IP., Anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, ST. SH. M.Si. dan Anggota KPU RI, Viryan Aziz, SE., MM. “Nantinya Sirekap bisa Kita maksimalkan penggunaannya pada 9 Desember 2020 nanti. Mohon berkenan semua Satker dengan sungguh-sungguh mengikuti acara ini,” ucap Anggota KPU RI, Viryan Aziz, disela-sela memberikan pengarahan.

Dalam Zoom Meeting yang berlangsung selama 2 hari ini, masing-masing KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota menyiapkan perlengkapan antara lain, Formulir C. Hasil-KWK ukuran Plano sebanyak 2 lembar, Spidol Whiteboard besar warna biru sebanyak 2 buah dan Tip-ex cair. Masing-masing Satker membuat 2 TPS dan pada masing-masing TPS terdapat kombinasi Komisioner dan Sekretariat.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun serta menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar