Serentak, KPU Tabanan Umumkan DPS di 133 Desa, 817 Balai Banjar

  • 19 September 2020
  • 15:50 WITA
berita_201909040901_Serentak,KPUTabananUmumkanDPSdi133Desa,817BalaiBanjar.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik Meski dimasa Pandemi Covid-19, tidak menyurutkan langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan menjalankan setiap Tahapan sesuai regulasi yang ada. Hari ini, Sabtu, 19 September 2020, KPU Tabanan melaksanakan monitoring atau pemantauan  ke Desa-Desa pada 10 Kecamatan di Kabupaten Tabanan dengan tujuan memastikan Jajarannya telah menempelkan dan mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk mendapatkan tanggapan Masyarakat. Gerakan penempelan serentak DPS di masing-masing Kantor Desa dan Balai Banjar itu dimulai Pukul 07.00 Wita sampai selesai.

 

“Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Kami pastikan hari ini, semua DPS sudah tertempel di 133 Desa dan 817 Balai Banjar yang ada di Kabupaten Tabanan,” ucap I Ketut Sugina, S.Pt., Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi disela-sela monitoring penempelan DPS di Kantor Desa Dauh Peken, Tabanan, Sabtu, (19/09/2020).

Dijelaskan sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 905), sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan  Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 615), maka setelah KPU Tabanan menetapkan DPS melalui Rapat Pleno Terbuka yang digelar 9 September 2020 lalu di Kantor KPU Tabanan, selanjutnya adalah Tahapan Pengumuman dan Tanggapan Masyarakat.

Setelah mendapat Tanggapan Masyarakat, DPS tersebut akan kembali ditetapkan dengan istilah DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) melalui Rapat Pleno secara berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tingkat Kabupaten.

Untuk itu hari ini, pihaknya memastikan semua Jajarannya untuk menempelkan dan mengumumkan DPS disemua Desa dan Balai Banjar yang ada di Kabupaten Tabanan. “Hari ini, Kami melaksanakan monitoring disemua Kecamatan dan Kami pastikan semua DPS sudah tertempel di Kantor Desa dan Balai Banjar yang ada di Kabupaten Tabanan,” ucapnya.

Selanjutnya DPS tersebut, menjadi acuan Masyarakat untuk memberikan masukan dan saran perbaikan sebelum nantinya ditetapkan sebagai DPT Pilkada Tabanan 9 Desember 2020. “Kami memberikan ruang mulai hari ini sampai tanggal 28 September 2020 kepada Masyarakat untuk memberikan saran perbaikan dan tanggapan terhadap DPS yang sudah Kami susun,” harapnya.

Selain melalui pengumuman, pihaknya juga telah merancang adanya uji publik secara berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, hingga Kabupaten. Semua itu tidak lain untuk menghasilkan Daftar Pemilih yang berkualitas dan akurat. “Kami persilahkan Masyarakat mengecek dirinya apakah sudah masuk dalam DPS yang Kami susun dan Kami umumkan itu,” ucapnya.

Dan jika ada Warga atau Masyarakat yang memenuhi syarat sebagai Pemilih namun namanya belum tercantum dalam DPS, pihaknya mempersilahkan Masyarakat dalam masa tanggapan ini menyampaikan dan menginformasikan kepada Jajarannya di tingkat Desa. Dengan syarat melampirkan foto copy KTP dan mengisi Formulir Tanggapan Masyarakat (Form Model A.1.A - KWK).

Selain monitoring yang dilaksanakan Komisioner KPU Tabanan beserta Jajarannya, tampak Komisioner KPU Provinsi Bali Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, ST.,MH. didampingi Pegawai Sekretariat KPU Bali juga melakukan monitoring ke Tabanan, tepatnya di Desa Abiantuwung, Kediri. Dalam kesempatan itu, Darmasanjaya ingin memastikan bahwa KPU Tabanan telah menjalankan Peraturan KPU yakni menempelkan dan mengumumkan DPS hari ini. “Kami langsung cek beberapa Desa di Kecamatan Kediri, astungkara KPU Tabanan dan Jajarannya telah melaksanakan amanat Peraturan KPU sesuai dengan Tahapan yang ada,” ucapnya.

Selanjutnya dia berharap, dengan telah diumumkannya DPS tersebut akan mendapatkan Tanggapan dari Masyarakat terhadap DPS, sebelum nantinya ditetapkan menjadi DPT. “Substansinya, Kami berharap Masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap DPS ini, guna perbaikan Daftar Pemilih yang lebih baik dan berkualitas nantinya sebelum ditetapkan menjadi DPT,” harap Darmasanjaya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, memakai masker serta menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar